Penegak, kalian bukanlah pramuka biasa

Salam Pramuka...
Salam penggerak perubahan

Model pembinaan dalam pramuka disesuaikan dengan tingkat kedewasaan dan kematangan emosional anggotanya, sehingga kita mengenal adanya tingkatan golongan mulai dari siaga, penggalang, penegak dan pandega.

Bagi kalian yang sudah memasuki rentang usia 16-21 tahun maka pembinaan kepramukaan kalian akan berbeda dengan yang sebelumnya, dikarenakan masa-masa kalian bergantung kepada orang lain akan semakin berkurang
Itulah mengapa kalian disebut sebagai anggota pramuka PENEGAK, yang artinya kalian sudah harus mulai belajar untuk berdiri tegak diatas kaki kalian sendiri, memikul tanggung jawab dan siap menanggung resiko dari apa yang kalian kerjakan.
Kepada anggota penegak, kakak akan semakin jarang menggunakan istilah “adik” meskipun secara usia kalian adalah adik kakak. Kakak akan sering menggunakan istilah anda dan kalian, hal ini untuk menunjukan bahwa kalian dituntut untuk memiliki kematangan pola fikir seperti yang kakak miliki,
Dalam kalimat sederhana bisa dibilang bahwa, saat ini kakak menganggap kalian itu dewasa, maka jadilah dewasa... ok
Untuk tingkatan penegak, sesuai dengan kebutuhan kalian, maka materi yang akan kakak berikan dalam kolom penegak ini berbeda dengan materi yang biasa kalian temui saat masih penggalang, seperti misalnya, kita tidak akan membahas lagi materi sandi, tali-temali dan sejenisnya.
Kakak anggap kalian sudah menguasainya, dan andaipun kalian lupa maka kakak yakin kalian bisa mencari jawabannya tanpa harus kakak ajari disini (tentang sandi dan tali-temali tadi)

Lalu  kalian akan bertanya, “kak, bukankah pramuka itu adalah wadah bagi pemuda untuk bermain sambil belajar ?”

Hemm...
Ok, kakak katakan kepada kalian wahai penegak dan calon penegak
MAINAN KALIAN SAAT INI BERBEDA
CARA BERMAIN KALIAN SAAT INI BERBEDA
Jika kalian masih menginginkan bermain seperti penggalang lagi, silahkan gunakan atribut pramuka yang berwarna merah dan celana pendek, ok

Dalam penegak pun kita mengenal adanya tingkatan kecakapan yang menunjukan seberapa mampu kalian menjadi seorang penegak, yaitu PENEGAK BANTARA dan PENEGAK LAKSANA. 
Seorang penegak BELUM BISA disebut penegak apabila belum mencapai salah satu dari 2 tingkat tersebut, tidak ada yang namanya “penegak saja” atau “penegak kosongan”. Kalian akan tetap disebut sebagai “Calon Penegak” sampai kalian memenuhi syarat sebaga Penegak Bantara.

Apakah itu penegak bantara? Nanti akan kita lihat

Kolom penegak ini hanya untuk penegak yang benar-benar sadar, bahwa kalian adalah calon pemimpin, penerus bangsa ini ditangan kalian lah akan ditentukan akan jadi apa negeri ini, jadi jika kalian siap katakan SIAP, karena materi yang nanti akan kita bahas, mungkin bukanlah materi yang menyenangkan.






Ingat falsafah “Jamu”, jamu meskipun pahit tapi jika kalian meminumnya maka sehat yang akan kalian dapat
Terjemahkan falsafah itu di kolom komentar, ok



Salam Pramuka...!
Salam penegak masa depan


Komentar

  1. Rb88 | Online Sports Betting in Uganda - ThTopBet
    Read reviews of rb88 Rb88, the starvegad most up-to-date online sports betting platform in bet365 Uganda. Claim your welcome bonus, start winning today!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer